Sistem Pengetahuan

Mempunyai pengetahuan yang sederhana untuk memanfaatkan segala hal yang ada disekitarnya. mereka membuat ramuan dari kayu akuai untuk menghilangkan rasa sakit dan lemah badan, dan daun pendahu untuk mengobati sakit sakit dibadan juga. selain itu mereka juga mengetahui jenis jenis kayu mana yang baik untuk membuat rumah, seperti kyu arwob dan tsout untuk membuat lantai rumah dan rakit.


Suara burung tertentu yang terdengar di hutan dan sekitar rumah di anggap sebagai peringatan untuk berhati hati terhadap suatu bahaya. mereka juga mengenal jeis tumbuhan berbisa yang dapat di gunakan untuk meracuni seorang musuh, yang hanya ada di daerah panas, dan hanya dapat di ambil oleh orang orang tertentu saja.


Konsep sakit  menurut orang arfak merupakan gangguan ruh halus atau sungai yang ada di sekitar mereka. Kosep sehat adalah keadaan yang diberikan oleh dewa bulan purnama yang mereka anggap membawa kebahagiaan dan memberi kesuburan pada tanaman di ladang. dengan kata lain sehat berarti bahwa diri merasa bebas dari rasa bersalah kepda orang lain, atau bebas dari pelanggaran aturan adat sehingga merasa dirinya aman dan bahagia.
0 Responses