Sistem Pengetahuan


Masyarakat madura masih kurang dalam hal Ilmu pengetahuannya, dikarenakan mereka lebih mengutamakan keagamaan dan kebudayaan nenek moyang mereka, sehingga ilmu pengetahuan mereka tidak dinomer satukan. Hal ini telah terlihat dalam grafik kependudukan masyarakat madura. Sebagian besar masyarakat madura masih mengutamakan religiusitas dibandingkan pendidikan.
Masyarakat madura biasanya hanya sekolah hingga Sekolah Dasar (SD) kemudian mereka melanjutkan ke pondok pesantren dikarenakan mereka lebih senang untuk belajar agama dari pada sekolah. Oleh karena itu tingkat pendidikan masyarakat madura tidak terlalu tinggi dibandingkan dengan masyarakat pulau jawa, pulau Sumatra dan pulau lainnya.
Akan tetapi ilmu pengetahuan masyarakat madura dalam hal agama tidak diragukan lagi karena mereka lebih menjunjung tinggi nilai keagamaan dibandingkan dengan pendidikan. Pendidikan sebenarnya juga sangat penting yaitu untuk menunjang kehidupan ekonomi dan kehidupan bermasyarakat. Walaunpun demikian masyarakat madura ulet dalam mencari mata pencaharian, walaupun tidak berpendidikan tinggi masyarakat madura dapat mengandalkan ladang dan kebun mereka untuk dijadikan mata pencaharian mereka, ada pula yang berdagang, usaha dan lainnya.
Mereka hanya mengandalkan yang telah nenek moyang mereka turunkan, dan tidak mengandalkan pendidikan mereka. Apabila masyarakat madura mempunyai pola pikir untuk mengimbangi pendidikan dengan keagamaan maka masyarakat madura tidak akan ketinggalan zaman dan kehidupan mereka dapat lebih maju.
0 Responses