sistem sosial

WISATA "BEKAS"MERAPI
(sistem sosial)
Mendengar nama Gn.Merapi memang sudah tak asing lagi bagi masyarakat.Khususnya masyarakat Yogya.Di akhir tahun 2010,masyarakat yogya di gemparkan dngan meletusnya gunung tersebut.
Namun,kini justru TKP (tempat kejadian perkara)dijadikan sebagai objek wisata yang disebut dengan "volcano tour"(wisata gn.berapi).
salah satu tempatnya yaitu,di desa kinahrejo,cangkringan,sleman.
Disana merupakan tempat tinggal juru kunci merapi yaitu mbah marijan.Tempat ini menjadi "saksi bisu"ketika mbah marijan tewas terkena wedus gembel(awan panas)merapi,dikarenakan beliau sangat bertanggung jawab atas amanat yang diberikan untuk tetap setia menjaga merapi hingga akhir hayat yang hingga pada akhirnya beliau menolak meninggalkan desa walaupun keadaan sudah sangat genting dan berstatus "awas".
Selain itu,wisatawan juga dapat mellihat dampak letusan Merapi berupa pepohonan yang meranggas, tanah yang masih bercampur dengan abu dan kerikil,di sini Anda juga dapat melihat batu-batu luar biasa besar yang dibawa oleh lahar dingin Merapi.Apabila Anda tidak sempat naik ke lereng Merapi, Anda dapat menyaksikan bukti keganasan Merapi di Kali Code, sungai yang membelah pusat kota Yogyakarta,material berupa pasir dan batu yang dibawa lahar dingin masih menumpuk. Anda juga dapat berkunjung ke Museum Merapi yang didirikan di Sleman. Di sini Anda dapat memperluas pengetahuan tentang gunung berapi.
       salah satu dampak merapi yang melanda daerah sekitarnya
1 Response
  1. Unknown Says:
    Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.