Akomodasi Desa Penting Sari



Nama : Utami Kusuma Putri


NIM     : 4423116706

Desa Penting sari adalah desa yang terletak di Umbulharjo, Cangkringan Sleman Yogyakarta. Desa Penting sari terdiri atas RW 19 dan RW 20. Rw 19 terdiri dari RT 1 dan 2, sedangkan RW 20, terdiri dari RT 3 dan 4. Di desa ini terdapat 126 kepala keluarga. Desa penting sari memiliki konsep desa wisata. Pendirian konsep desa wisata ini dimulai dari tahun 2006 yang dicetuskan oleh bapak sumardi. Konsep desa wisata di desa penting sari ini, awalnya belum menjadi hal yang biasa bagi warga. Namun dengan berjalannya waktu, warga desa penting sari pun mulai beradaptasi dengan kondisi yang berkembang sekarang. Selain itu juga karena adanya penyuluhan dan pengarahan dari pak sumardi kepada warga desa.
Desa penting sari mulai ramai dikunjungi wisatawan pada tahun ke 2 yakni tahun 2008. Para wisatawan singgah di desa ini, untuk mencari inspirasi serta pengalaman yang belum pernah mereka jalani atau rasakan. Desa wisata penting sari menyediakan sarana akomodasi (penginapan), tracking keliling desa, belajar membatik, menari, membuat kue dan lain sebagainya. Dari beberapa sarana yang ada, saya akan mengulas akomodasi desa penting sari.
 A.        Bentuk Akomodasi
Bentuk akomodasi desa penting sari adalah homestay. Homestay merupakan suatu jenis akomodasi yang berasal dari rumah – rumah rakyat yang telah ditingkatkan fasilitas dan sarananya, sehingga memenuhi syarat – syarat kesehatan, yang disewakan kepada wisatawan. Homestay membuat kesan wisatawan benar-benar menjadi seperti warga desa setempat. Selain itu, dengan bentuk homestay ini, membuat mudahnya interaksi wisatawan terhadap pemilik rumah. di desa penting sari terdapat aturan di setiap homestay, yang mana wisatawan harus mengikuti aturan yang sudah diberlakukan pihak desa. Di desa penting sari, tidak semua rumah merupakan homestay. Hanya 73 kepala keluarga yang rumahnya sudah menjadi homestay. 53 kepala keluarga lainnya belum menjadikan rumahnya sebagai homestay dikarenakan kesibukan pekerjaan mereka dan tidak adanya orang yang menjaga dan mengawasi homestay.
Berikut adalah tampak depan bangunan homestay :

Bagian depan rumah pak Kris

B.        Sistem Pembagian Homestay
Sistem pembagian homestay dikoordinir oleh panitia RW (sebanyak 10 orang) yang ditunjuk/dibentuk oleh sekretariat. Sebelum menginap, wisatawan perlu membooking tempat terlebih dahulu. Hal ini dilakukan supaya masyarakat desa penting sari dapat menyiapkan rumahnya untuk homestay wisatawan dan juga untuk persiapan berbagai kegiatan yang akan dilaksanakan wisatawan. Jika info sudah sampai ke sekretariat, maka sekretariat mulai berkoordinasi dengan panitia RW yang telah dibentuk. Kemudian Panitia RW inilah yang mendata homestay milik warganya yang sudah ataupun belum ketempatan wisatawan. Sistem pembagian ini mereka lakukan secara bergiliran, sehingga semua warga rumahnya pasti akan ketempatan wisatawan. Penggiliran ini dilakukan supaya tercipta keadilan dan tidak ada rasa iri antar warganya. Setelah pendataan selesai, panitia RW mulai menetapkan rumah-rumah warga yang akan ditempati wisatawan. Kemudian panitia RW dan sekretariat melakukan rapat dengan pemilik homestay dan orang-orang yang berperan dalam kegiatan yang akan dilakukan wisatawan. Pada intinya, pembagian homestay desa penting sari berbentuk circle, berputar dan aktivitas yang dilakukan melibatkan warganya. Untuk wisatawan rombongan biasanya mereka membagi homestaynya masih dalam satu lingkungan RT. Dengan tujuan memudahkan wisatawan untuk berkomunikasi dengan rombongannya.
C.        Fasilitas Homestay
Fasilitas setiap homestay di desa penting sari berbeda beda, sebab tingkat perekomomian dan pendapatan warganya yang berbeda. Ditempat saya menginap (rumah bapak Kris) fasilitasnya sudah lengkap. Disana terdapat 2 kamar tidur tamu yang dilengkapi bantal dan selimut, ruang tamu, dapur, 2 kamar mandi, televisi, radio, kulkas, mesin cuci, dan kamar tidur pemilik homestay. Saya juga sempat membandingkan fasilitas yang ada di rumah ibu Ngatiem, ternyata tidak jauh berbeda dengan fasilitas yang ada di rumah bapak Kris. Dapat ditarik kesimpulan bahwa fasilitas homestay desa penting sari umumnya adalah kamar tidur, ruang tamu, televisi, dapur, kamar mandi, dan kamar pemilik homestay. Fasilitas di setiap homestay sudah ada sebelum desa penting sari ditetapkan sebagai desa wisata.
Berikut ini gambar fasilitas homestay yang ada di desa penting sari :

Ruang Tamu

Kamar Tidur 




TV dan Radio


 
Dapur

Kamar Mandi

D.        Pelayanan Homestay
Pemilik homestay melayani wisatawan dengan ramah dan friendly. Pemilik homestay memperlakukan wisatawan seperti saudaranya sendiri. Hal ini dapat dibuktikan saat saya dan teman-teman menginap di desa penting sari, tepatnya di rumah bapak Kris. Meski saat itu rombongan kami tiba larut malam, mereka pun tetap menyambut dengan ramah di joglo (tempat penerimaan tamu) . Selepas penerimaan itu, kami diantar menuju homestay masing-masing. Ternyata setelah tiba di homestay bapak Kris, kelompok kami kembali disuguhkan makanan kecil dan air minum. Tidak hanya itu, bapak Kris dan istrinya pun sempat merbincang-bincang sebentar dengan kami. Ketika tinggal disana, mereka sangat perhatian dan selalu berinteraksi dengan kami yang menginap.  Menurut saya hal seperti itulah yang membuat beda desa ini dengan desa lainnya.
E.         Kesimpulan
Akomodasi desa penting sari sudah memenuhi syarat penginapan pada umumnya. Keadaan lingkungannya pun hijau, bersih dan terjaga sehingga udaranya sejuk. Suasananya pun sangat cocok untuk melakukan pembelajaran. Akomodasi di desa ini juga terbilang aman, sebab setiap malamnya warga melakukan ronda malam. Pengemasan desa wisata penting sari ini sangatlah baik. Mereka memiliki struktur organisasi kelembagaan desa yang terdiri atas ketua, sekretaris, bendahara, bid. Humas, bid. Konsumsi, bid. Homestay, bid. Pemasaran, bid. Atraksi, dan bid. Lingkungan. Mereka juga memberlakukan sistem kas pada warganya. Kas tersebut digunakan untuk pengembangan desa dan membeli inventaris desa.

Narasumber 1:
Nama  : Bapak Kris
Usia     : 45 tahun
Alamat : Rt 4 Rw 20 desa Penting Sari, umbulharjo Cangkringan, Sleman Yogyakarta.
Bahasa : Jawa

Narasumber 2 :
Nama  : Ibu Ngatiem
Usia     : 35 tahun
Alamat : Rt 3 Rw 20 desa Penting Sari, umbulharjo Cangkringan, Sleman Yogyakarta.
Bahasa : Jawa
0 Responses