Andy Nur Ashari
4423116689

Tarian di desa Pentingsari

Saya akan mencoba tentang tarian tarian yang saya ketahui dan saya dapatkan datanya di desa Pentingsari dalam odtw yang berlangsung pada tanggal 29 mei – 2 juni. 
Tarian yang pertama adalah tari jathilan, di kisahkan oleh pak tio selaku pembimbing tari ini, jathilan adalah tarian yang sudah dilakukan sejak zaman perang melawan belanda. 

Tarian ini mengisahkan kesenangan atau wujud ekpresi prajurit setelah mendapatkan kemenangan dalam peperangan belanda, jadi ttari tarian jathilan ini sudah ada sejak zaman dahulu dan terus diwariskan hingga masa sekarang.
Untuk masa kini,, tarian jathilan atau kuda lumping ini sering diadakan dalam acara akikahan, serta hajatan hajatan di desa penting sari. 
Bisa juga tarian untuk menyambut tamu yang datang ke desa pentingsari. Tarian jatilan biasanya di lakukan oleh 4 hingga 10 penari. Jika ada acara tertentu, jathilan bisa tampil hingga 5 jam non stop. Dalam setiap aksinya, jathilan biasa di pimpin oleh seorang pawing yang akan mengendalikan si penari jika melakukan tran atau kesurupan untuk memainkan aksi aksi yang berbahaya.

Tari-tarian yang lainnya yang ada di desa penting sari adalah tari golek ayun-ayun, tari gambyong serta tari yang sangat terkenal yaitu tarian srikandi surodewati. Saya mewawancarai Sekar, orang yang mengajarkan tarian kepada wisatawan yang berkunjung ke desa penting sari. Dalam penjelasannya sekar hanya menjelaskan makna dari tarian golek ayun ayun serta tarian srikandi surodewati.


Tari golek ayun ayun ialah, tarian yang mengisahkan seorang gadis yang sangat senang sekali untuk berdandan. Sang gadis tersebut amat bangga akan kecantikannya sehingga setiap saat ia sangat suka sekali berhias.



Lalu tarian srikandi surodewati mengisahkan peperangan antara dewi srikandi dengan surodewati. Dewi srikandi adalah anak dari srikandi dan arjuna sedangkan surodewati merupakan adik dari prabhu dasalengkara.
Peperangan ini terjadi karena prabhu dasalengkara mengutus adiknya yaitu surodewati untuk melamar dewi siti sendari supaya menjadi istrinya.
Namun pada kenyataannya dewi siti sendari telah dijodohkan oleh raden abimanyu. Mengetahui hal tersebut surodewati tidak menerimanya hingga tetap melamar dan berniat merebut dewi siti sendari.
Srikandi yang membela raden abimanyu menerima tantangan surodewati hingga akhirnya terjadilah peperangan di antara keduanya. Peperangan itupun akhirnya dimenangkan oleh dewi srikandi.






Narasumber jathilan :
Mas tio, usia 32 tahun. Warga desa pentingsari , umbulharjo, cangkringan
Narasumber tari-tarian golek ayun, srikandi-surodewati :

Sekar, 17 tahun. Warga desa pentingsari, umbulharjo, cangkringan
0 Responses