gamelan


GAMELAN

       
         Gamelan merupakan kesenian musik tradisional asli Indonesia. Alat musik ini ada sekitar pada masa islam memasuki Indonesia. Gamelan menjadi media untuk penyebaran islam di Indonesia oleh para ulama-ulama dan para wali pada masanya. kata gamelan berasal dari kata gamel yang artinya memukul atau menabuh, dan diakhiri dengan imbuhan –an sebagai orang yang melakukan. Jadilah disebut gamelan yang berarti orang yang memukul atau menabuh. Selain itu arti gamelan menunjukan instrument atau alat musik yang akan mengeluarkan bunyi yang indah bila semua kesatuannya ada.

     Instrumentnya dikembangkan hingga bentuknya sampai seperti sekarang ini pada zaman kerajaan Majapahit. dalam perbedaaanya dengan musik india, satu-satunya dampak ke-indiaan dalam musik gamelan adalah bagaimana cara mentyajikannya. dalam mitologi jawa, gamelan diciptakan oleh Sang Hyang Guru pada Era Saka, dewa yang menguasai seluruh tanah jawa, dengan istana di gunugn Mahendra di Medangkamulan (asekarang Gunung Lawu)
     
 Gamelan sangat erat sekali hubungannya dengan acara-acara tradisional seperti perkawinan, syukuran khitan, maupun acara tradisonal lainnya. Kini gamelan juga dimainkan saat ada acara penyambutan oleh pemerintahan maupun ucapan selamat datang di desa penting sari.

Adapun nama-nama gamelan sebagai berikut :

 
gambang

saron 1

saron 2

demung


pekik

shelenthem

 bonang baru

 gender
 gong

pengarah not

Narasumber :

Pak koyong, 59 tahun. Pelatih gamelan, alamat desa penting sari sleman, Yogyakarta.



















Pak kristoyo 45tahun & Istri 35tahun, sleman, Yogyakarta
















0 Responses