ASAL USUL DESA PENTING SARI



Nama        :  FITRIYANI
Nim          :  4423116717

Asal- usul Desa Penting Sari
Desa ini terletak di Pentingsari, Umbulharjo, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta. Di bentuk pada tahun 2008, di pelopori oleh Bapak S.wardisoekisma. Bapak Sumardi sendiri lahir pada tahun 1953.Dahulu desa ini berpenghuni hanya  sekitar 40 orang. Yang tinggal disni hanya yang bersaudara saja dan 1 orang dari luar. Tetapi lama kelamaan penduduknya bertambah. Orang tertua di desa ini adalah Mbah Suro. Ia menanam pohon manggis yang sekarang umurnya sekitar 155 tahun dan masih hidup dan berbuah.

(rumah bapak S.Wardisoekisma yang mendirikan desa ini)
 Menurut bapak S.Wardisoekisma masyarakat Penting sari awalnya tidak yakin kalau desa mereka mau di jadikan sebagai desa wisata. Tetapi lama-kelamaan masyarakat mau menjadikan desa ini menjadi desa wisata. Diberikan nama desa Penting Sari karena karena letak desa ini yang strategis . bersebelahan dengan kaliurang dan sebelah timurnya pawon yang dulunya adalah tempat persediaan makan pangeran Dipenegoro.
Desa ini rawan bencana, karena terletak di dekat gunung berapi. Ketika terjadi bencana letusan gunung berapi , desa ini kosong tidak ada penghuninya karena masyarakat Penting Sari ketakutan dan mengungsi dari desa ini. Sejak bencana itu desa ini tidak berpenghuni selama 2 sampai 3 bulan.  Masyarakat Penting Sari mengungsi di lapangan sepak bola di Kabupaten Selaman. Pengungsian ini dapat menampung hingga 14.000 orang. Namun tidak semua masyarakat Penting sari mengungsi di sini, ada juga yang mengungsi di tempat tinggal keluarganya yang terletak jauh dri desa ini.

 Desa Penting Sari di tetapkan sebagai desa wisata nomor 1 di Indonesia. Dan memperoleh penghargaan UNWTO dari PBB. 
(penghargaan yang pernah di dapat oleh desa Penting Sari)
Keunggulan dari desa Penting Sari adalah :
-          Rukun masyarakatnya
-          Mandiri
-          Masyarakat berpendapat banyak tamu, banyak rezeki
-          Melestarikan budaya
-          Masyarakatnya masih bergotong royong


Narasumber 1

-          Bapak S.Wardisoekisma lahir pada tahun 1953,
Alamat: desa Penting Sari, umbulharjo Cangkringan, Sleman Yogyakarta.
          Bahasa: Indonesia, Jawa
Narasumber 2 :
-          Nama : Ibu Ngatiem
Usia   : 35 tahun
Alamat : desa Penting Sari, umbulharjo Cangkringan, Sleman Yogyakarta.
Bahasa : Jawa, Indonesia

2 Responses
  1. admin Says:

    Visit komodotravelmart.com

    Kunjungi komodo travel mart dapatkan penawaran paket wisata NTT dengan harga menarik dari puluhan seller NTT. Nikmati juga liburan gratis ke beberapa daerah di NTT dengan bergabung pada acara komodo travel mart.